Ditemukan Kelas Planet Baru di Luar Tata Surya, Punya Tanda Kehidupan Ha「William Hill App」laman 2

  • 时间:
  • 浏览:0

DunWiWilliam Hill Applliam Hill Appia Hycean William Hill Appkemungkinan cukup umum, yang berarti bahwa tempat paling menjanjikan untuk mencari kehidupan di tempat lain di galksi mungkin tersembunyi di depan mata.

Sejak penemuan pertama exoplanet pada 30 tahun lalu, sudah ada ribuan planet di luar Tata Surya yang telah ditemukan hingga saat ini.

Baca juga: Interior Planet Mars yang Misterius Dipetakan Pertama Kali oleh NASA

Planet-planet tersebut juga termasuk dunia Hycean 'gelap' yang terkunci pasang surut yang mungkin memiliki kondisi layak huni hanya di sisi malam permanennya, dan dunia Hycean 'dingin' yang menerima sedikit radiasi dari bintangnya.

Sebagian besar adalah planet yang memiliki ukuran Bumi dan Neptunus, serta yang sering disebut sebagai planet Super Bumi atau planet mini Neptunus.

Planet-planet ini berupa raksasa berbatu atau es dengan atmosfer yang kaya hidrogen, atau bahkan mengandung salah satu material di antaranya.

Lebih lanjut peneliti menjelaskan tentang planet Hycean yang diketahui memiliki ukuran 2,6 kali lebih besar dari Bumi dan memiliki suhu atmosfer hingga hampir 200 derajat Celsius.

Baca juga: Peneliti Sebut Mini Neptunus di Luar Tata Surya Kemungkinan Menunjukkan Tanda Kehidupan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Planet-planet dengan ukuran ini mendominasi populasi exoplanet yang diketahui, meskipun mereka belum dipelajari sedetail planet Super Bumi.

Artinya, planet-planet tersebut masih dapat mendukung kehidupan, meskipun mereka berada di luar jangkauan di mana sebuah planet mirip BUmi perlu berada agar dapat dihuni.

Selain itu, menurut peneliti, planet-planet tersebut juga memungkinkan zona layak huni yang jauh lebih luas, atau zona Goldilocks, dibandingkan dengan planet mirip Bumi.

Akan tetapi, kondisi lautan planet di kelas baru ini bisa serupa dengan lingkungan yang kondusif untuk kehidupan mikroba di lautan Bumi.