Kerajina「Crown gambling」n Topeng: Alat, Bahan dan Cara Membuatnya

  • 时间:
  • 浏览:0

KOMPAS.com - Topeng meruCrown gCrown gamblingamblingPakan salah satu bentuk kerajCrown gamblinginan yang bisa dibuat dari berbagai bahan. Topeng dalam kesenian sering digunakan sebagai salah satu atribut untuk menari, pementasan drama, atau lain sebagainya.

Cara pembuatan kerajinan topeng berbahan dasar kayu dengan kertas tentunya berbeda. Berikut penjelasannya: 

Cara membuta kerajinan topeng dari kertas, yakni: 

Untuk bahan baku pembuatan topeng yang diketahui seperti, kertas atau bubur kertas, karton, dan jenis kayu yang ringan, lunak, serta tidak mudah pecah. 

Cara pembuatan kerajinan topeng

Mengutip dari buku Kriya Kayu Tradisional (2019) karya Martono, alat dan bahan pembuatan topeng sangatlah beragam, sebagai berikut: 

Siapkan bahan berupa pewarna untuk mewarnai hasil kerajinan topeng nantinya. Pewarna ini bisa menggunakan cat air, cat poster atau lainnya.

Cara membuat kerajinan topeng dari kayu, sebagai berikut: 

Pada umumnya, topeng yang terbuat dari bahan kayu sering digunakan dalam pementasan tari, teater atau drama. Tidak sedikit pula topeng berbahan dasar kayu digunakan sebagai hiasan atau panjangan.

Topeng juga sering dimanfaatkan sebagai pajangan atau hiasan, karena mengandung nilai keindahan yang tinggi. Sehingga dapat menimbulkan kepuasan batin bagi pemiliknya.

Baca juga: Cara Membuat Kerajinan dari Tanah Liat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Baca juga: Kerajinan Keramik: Pengertian dan Teknik Pembuatannya

Untuk pembuatan topeng, bahan yang digunakan sangatlah bervariatif, seperti kertas, logam atau kuningan, bubur kertas, dan lain sebagainya. Namun, bahan dari kayu sering dipilih sebagai bahan utama pembuatan topeng.