Manajemen Sumber Daya Manusia: Tujuan「Baccarat Chinese」 dan Fungsinya

  • 时间:
  • 浏览:0

PereBBaccarat ChineBaccarat Chineseseaccarat Chinesencanaan Baccarat ChinesemerupaBaccarat Chinesekan kegiatan memperkirakan tentang keadaan tenaga kerja agar sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Manajemen sumber daya manusia memiliki beberapa tujuan, di antaranya:

Pengendalian adalah proses mengendalikan pegawai agar menaati peraturan organisasi dan bekerja sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Jika terjadi penyimpangan, maka akan dilakukan perbaikan atau penyempurnaan.

Pengembangan adalah proses peningkatan kemampuan pegawai melalui pendidikan dan pelatihan. Proses pemberian pendidikan dan pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan masa kini maupun masa mendatang.

Dilansir dari buku Pengantar Manajemen (2012) karya Dian Wijayanto, manajemen sumber daya manusia merupakan fungsi manajemen yang berhubungan dengan pengelolaan rekrutmen, penempatan, pelatihan, dan pengembangan sumber daya manusia.

Pemeliharaan adalah kegiatan meningkatkan kondisi fisik, mental, dan loyalitas pegawai agar tetap mau bekerja sama sampai pensiun. Pemeliharaan dilaksanakan melalui program kesejahteraan yang didasarkan pada kebutuhan pegawai.

Pengarahan merupakan kegiatan memberi petunjuk kepada pegawai agar mau kerja sama dan bekerja secara efektif dan efisien demi tercapainya tujuan organisasi.

Kompensasi adalah pemberian balas jasa berupa uang atau barang kepada pegawai sebagai imbalan atas jasa yang telah diberikan kepada organisasi. Pemberian kompensasi didasarkan atas prinsip keadilan dan kelayakan.

KOMPAS.com – Manajemen merupakan salah satu ilmu yang bisa diterapkan dalam berbagai bidang. Misalnya, penerapan ilmu manajemen dalam bidang sumber daya manusia (SDM) atau disebut sebagai manajemen sumber daya manusia.

Pengorganisasian merupakan kegiatan untuk mengatur pegawai dalam bentuk bagan organisasi. Bentuk pengorganisasian yaitu menetapkan pembagian kerja, hubungan kerja, delegasi wewenang, integrasi, dan koordinasi.

Oleh sebab itu, pemberdayaan sumber daya manusia melalui manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu kunci dalam menjalankan kegiatan organisasi agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Baca juga: Unsur Manajemen

Pemberhentian adalah pemutusan hubungan kerja antara seorang pegawai dengan suatu organisasi. Pemberhentian disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain keinginan pegawai, keinginan organisasi, berakhirnya kontrak kerja, pensiun, dan sebagainya.

Kedisiplinan merupakan fungsi manajemen sumber daya manusia yang paling penting. Sebab kedisiplinan merupakan kunci utama terwujudnya tujuan organisasi.

Baca juga: Tujuan Manajemen

Keberadaan manajemen sumber daya manusia dalam sebuah organisasi memiliki peranan yang cukup penting. Sebab seorang pemimpin tidak bisa menjalankan kegiatan organisasi secara mandiri. Pemimpin memerlukan bantuan dari orang lain, salah satunya adalah pegawai.

Baca juga: Manajemen: Teori, Manfaat, dan Tingkatannya

Pengintegrasian adalah kegiatan untuk mempersatukan kepentingan organisasi dan kebutuhan pegawai agar tercipta kerja sama yang kuat dan saling menguntungkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Sedangkan pengadaan merupakan proses penarikan, seleksi, penempatan, orientasi dan induksi untuk memperoleh pegawai yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Pengintegrasian merupakan hal yang penting sekaligus sulit dalam manajemen sumber daya manusia karena harus mempersatukan dua kepentingan yang berbeda.

Dalam buku Manajemen Sumber Daya Manusia (2009) karya Edy Sutrisno, dijelaskan bahwa manajemen sumber daya manusia memiliki beberapa fungsi, yaitu:

Baca juga: Pelaku Pasar Modal

Tanpa adanya kedisiplinan, rencana mewujudkan tujuan organisasi menjadi lebih sulit. Kedisiplinan adalah keinginan dan kesadaran untuk menaati peraturan organisasi dan norma sosial.