Betting website platform_Baccarat casino advantage_Roulette Law_Playing real money baccarat_Gambling app

  • 时间:
  • 浏览:0

DBBaccarat Masteraccarat Masteri dBBaccarat Masteraccarat Masteraerah perkotaaBaccarat Mastern, daun pisang biasanya dijual kiloan atau bungkusan jika sudah masuk swalayan. Nah, biasanya saat membuat suatu masakan menggunakan daun pisang akan ada sisanya. Sayangnya cara menyimpan daun pisang yang biasa nggak awet. Selang 2 atau 3 hari biasanya sudah menguning bahkan kering. Padahal, kalau tahu cara menyimpan daun pisang yang benar, bisa awet sampai sebulan lebih lo. Penasaran gimana caranya? Yuk simak cara menyimpan daun pisang berikut!

Daun pisang merupakan salah satu daun yang paling populer untuk dijadikan pembungkus makanan. Baik itu makanan tradisional maupun makanan modern, banyak memanfaatkan daun pisang. Ada yang memang dijadikan pembungkus, ada pula yang hanya dijadikan alas atau penutup saja. Selain bentuknya yang lebar dan lentur, daun pisang juga bisa menambah cita rasa masakan.

Cara menyimpan daun pisang seperti ini cukup efektif adar daunnya tetap hijau. Saat ingin menggunakannya lagi sebagai pembungkus, usahakan daun harus lentur lebih dulu supaya nggak mudah pecah. Cara melenturkan daun pisang pun cukup mudah, tinggal dijemur sekitar 10 menit atau letakkan di atas uap panas.

Cara menyimpan daun pisang di suhu ruang seperti ini cukup efektif hingga 3 hari. Jika lebih dari itu, biasanya daun akan layu tapi nggak langsung kering. Hal tersebut karena sisa air cucian yang menempel bisa menjaga kelembapan daun. Kalau ingin menyimpan lebih lama di suhu ruang, kamu bisa mencuci daun tiap 3 hari sekali.

Buat kamu yang sering nyetok daun pisang atau punya sisa daun pisang yang banyak dan belum tahu kapan mau digunakan lagi, cara penyimpanan ini bisa kamu coba. Jangan khawatir saat menyimpan daun pisang di dalam freezer ya, pastikan kamu menyimpannya dengan benar sehingga daun tetap segar. Berikut cara penyimpanannya:

Daun pisang |Credit by Tunedln61 on depositphoto

Nah, itu tadi 4 cara menyimpan daun pisang agar awet meski disimpan berhari-hari bahkan sampai sebulan. Sebelum menyimpan daun pisang, pastikan daun dalam keadaan segar dan belum ada yang menguning. Kamu bisa coba cara yang mana pun sesuai kebutuhan!

Cara menyimpan daun pisang seperti ini memang sangat efektif dan praktis, tapi kamu harus memperhatikan plastik pembungkusnya jangan sampai terbuka. Jika terbuka, daun pisang tetap bisa menguning jika disimpan lebih dari seminggu.

Selain mencuci daun, kamu juga bisa melapisi permukaan daun dengan minyak kelapa sebelum membungkusnya dengan plastik, tapi ini hanya opsional saja. Tujuan pencucian atau pelapisan dengan minyak hanya untuk menjaga kelembapan daun saat disimpan. Daun yang disimpan di dalam freezer akan membeku, sehingga saat ingin menggunakannya, kamu harus meletakkan daun pisang di suhu ruang selama 30 menit hingga bisa digunakan.

Sebagian orang menghindari untuk menyimpan daun pisang di dalam kulkas karena khawatir akan kaku dan menguning. Suhu dingin di dalam kulkas memang bisa membuat sayuran bahkan daun pisang menjadi kering. Supaya terhindar dari hal tersebut, kamu bisa menyimpan daun pisang dengan cara berikut:

Menyimpan daun pisang di dalam rak kulkas | Credit by Anny Riany on Cookpad

Daun pisang digulung sebelum disimpan | Credit by Embasy on depositphotos

Sisa daun pisang yang akan digunakan seminggu lagi bisa tetap awet jika disimpan dengan benar. Salah satu cara menyimpan daun pisang tanpa kulkas adalah dengan merendamnya. Meski tanpa masuk kulkas, daun pisang yang direndam penuh dalam air bisa tetap awet lo. Berikut cara penyimpanannya:

Gulungan daun pisang | Credit by pongans68@gmail.com on depositphoto

Kebutuhan daun pisang untuk rumah tangga memang cukup penting. Beberapa menu harian kadang memang butuh daun pisang untuk sekadar menutup makanan yang dikukus atau alas masakan. Kalau cuma butuh sedikit dan sayang sisanya dibuang, kamu bisa simpan daun pisang  agar nggak cepat kuning. Caranya sebagai berikut: