Apa Perbedaan Vaksin Pfizer dan Moderna yang D「Baccarat Malaysia」igunakan di Indonesia? Ini Penjelasannya

  • 时间:
  • 浏览:0

DilBaccarat Malaysiaansir dari HBaccarat Malaysiaealth, Kamis (26/8/2021), vaksin Pfizer dan Moderna dibuat menBaccarat Malaysiaggunakan teknologi baru yang disebut mRNA.

Lantas, apa perbedaan vaksin Pfizer dan Moderna yang saat ini mulai digunakan di Indonesia?

Kedua vaksin Covid-19 tersebut adalah vaksin pertama yang digunakan di negara tersebut, serta sejumlah negara di Eropa dan Timur Tengah.

Vaksin mRNA tersebut juga memiliki tingkat efikasi vaksin yang tinggi pada orang tanpa memandang jenis kelamin, usia maupun ras.

Sedangkan suntikan dosis vaksin Pfizer kedua, efikasi vaksin ini mencapai 95 persen, pada orang dewasa, usia 16 tahun ke atas.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), vaksin Covid-19 tersebut bekerja dengan mengkodekan sebagian protein spike yang ditemukan di permukaan virus corona SARS-CoV-2.

Dalam sebuah wawancara dengan The New York Times, William C. Gruber, MD, wakil presiden senior Penelitian dan Pengembangan Klinis Vaksin Pfizer mengatakan bahwa efektivitas vaksin yang disebut Cominarty itu 52 persen efektif setelah dosis pertama.

Baca juga: Vaksin Pfizer dan Moderna di Norwegia Akan Dicampur, Apakah Aman?

Kedua vaksin mRNA Covid-19 ini memiliki efikasi atau kemanjuran vaksin yang tinggi dibandingkan jenis vaksin Covid-19 lainnya.

Perbedaan efikasi vaksin tersebut dengan vaksin Moderna, hanya berbeda 1,1 persen saja. Efikasi vaksin Moderna, berdasarkan data yang ditinjau FDA, vaksin mRNA ini efektif 94,1 persen pada orang berusia 18 tahun ke atas.

Dari beberapa jenis vaksin Covid-19 yang dikembangkan di dunia, hanya dua vaksin yang dibuat dengan teknologi baru berbasis mRNA.

Perbedaan vaksin mRNA yang dikembangkan Pfizer dan Moderna, dengan vaksin konvensional, seperti vaksin flu, yakni sebagian besar vaksin konvensional digunakan untuk melawan penyakit virus yang dibuat dari virus yang tumbuh di telur ayam atau sel mamalia lainnya, kata Pfizer.

KOMPAS.com - Dua vaksin Covid-19 berbasis messenger RNA (mRNA), vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna, akhirnya mulai digunakan di Indonesia. Namun, apa perbedaan kedua vaksin mRNA tersebut?

Seperti apa cara kerja vaksin mRNA, baik vaksin Pfizer maupun Moderna?

Baik vaksin Pfizer-BioNTech maupun Moderna, adalah dua jenis vaksin virus corona yang berasal dari Amerika Serikat, yang tahap awalnya diberikan kepada para tenaga kesehatan dan penghuni fasilitas perawatan jangka panjang.

Baca juga: Vaksin Pfizer dan Moderna Berbasis mRNA, Apa Itu Messenger RNA?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email