Ketidakpastian 「Baccarat Pot」dalam Pengukuran

  • 时间:
  • 浏览:0

KBaccarat PotetiBBaccarat Potaccarat Potdakpastian tersebut disebut sebagai ketidakpastian daBaccarat Potlam pengukuran.



1. Ketidakpastian pengukuran tunggal, terdiri dari satu kali pengukuran. Persamaannya:

Beberapa penyebab ketidakpastian dalam pengukuran, yaitu:

KOMPAS.com - Dilansir dari Sears and Zemansky's University Physics oleh Young dan Freedman tahun 2002, setiap pengukuran meskipun telah dilakukan dengan sangat teliti, pasti akan memiliki ketidakpastian.

Persamaan ketidakpastian pada pengukuran tunggal

Dari uraian di atas kita dapat memastikan bahwa pengukuran dengan penggaris memiliki ketidakpastian yang lebih besar dari pengukuran dengan mikrometer sekrup, sebagai akibat dari tingkat ketelitian alat ukur.

2. Ketidakpastian pengukuran berulang, terdiri dari beberapa kali pengukuran. Persamaannya:

Pengukuran yang baik memiliki hasil yang akurat dan presisi. Akurat berbicara mengenai ketepatan, sedangkan presisi merupakan ketelitian.

Persamaan ketidakpastian pada pengukuran berulang

Berbeda halnya dengan saat kita melakukan pengukuran dengan mikrometer sekrup yang memiliki skala terkecil 0,01 mm, misalnya diperoleh ketebalan 5,3 mm.

Baca juga: Pengukuran sebagai Bagian dari Pengamatan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Baca juga: Pandemic Fatigue, Lelah karena Ketidakpastian Kapan Pandemi Berakhir

Sebagai contoh saat kita melakukan pengukuran ketebalan sebuah buku tulis dengan menggunakan penggaris. Hasil pengukuran hanya dapat diketahui sampai pada skala terkecil 1 mm, dimisalnya diperoleh ketebalan 5 mm.

Untuk mendapatkan nilai yang akurat dan presisi, maka dilakukan besar ketidakpastian dalam pengukuran suatu objek. Pengukuran ketidakpastian ini terdiri dari ketidakpastian pada pengukuran tunggal dan pada pengukuran berulang.